Kamis, 17 Maret 2011

PERILAKU TUBUH ANDA MENCERMINKAN KESEHATAN ANDA

oleh
Alit Adi Sanjaya


Setiap perilaku tubuh anda, tanpa anda sadari mencerminkan kesehatana anda. Misalnya Apa ati mendengkur ketika anda tidur??? Apa artinya menguap???? Apa artinya bersendawa??? Bagaimana kalau kita begadang???? Untuk itu, mari kita kupas satu persatu

MENDENGKUR???
Tidur mendengkur juga menjadi kebiasaan hidup buruk. Penyebab terjadinya dengkuran adalah penyempitan saluran pernapasan. Seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur cenderung memiliki gangguan di jantung dan otak. Dalam jangka panjang kebiasaan ini dapat mengakibatkan stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit pada jantung.

SERING MENGUAP????
Menguap adalah kebiasaan hidup yang dapat dijadikan penanda adanya gangguan organ dalam tubuh. Menguap merupakan indikasi adanya penyakit saraf dan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah disebabkan oleh berkurangnya darah yang dipompa ke otak, sehingga otak kekurangan pasokan oksigen dan membuat kosentrasi berkurang dan timbul kelelahan dini.

BERSENDAWA???
Kebisaan lain yang dapat digunakan sebagai penanda adanya gangguan organ tubuh adalah sendawa. Selain menandakan sedang kekenyangan atau masuk angin, sendawa menandakan adanya gangguan dalam fungsi lambung dan tidak lancarnya sirkulasi darah ke otak.

BEGADANG????
Begadang boleh jadi memberikan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan, kebiasaan ini menjadi suatu kewajiban disaat tertentu, seperti saat menonton pertandingan sepak bola atau menonton acara lainnya. Tanpa disadari, begadang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh rusaknya sistem imun. Tubuh juga perlu untuk beristirahat. Apabila tidak diistirahatkan, organ-oragn tidak dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Hal ini dapat menimbulkan masalah atau penyakit yang dapat menyerang tubuh.  Anda pelu mengetahui jam biologis untuk aktivitas organ-organ tubuh anda, sehingga anda menjadi semakin sayang dengan tubuh anda. Perhatikan tabel aktivitas organ-organ tubuh berikut ini. 

Waktu (Pukul)
Aktivitas Organ
21.00 – 23.00
Kelenjar getah bening mengeluarkan zat yang tidak berguna.
23.00 – 01.00
Hati melakukan detoksifikasi
01.00 – 03.00
Empedu melakukan detoksifikasi
03.00 – 05.00
Paru-paru melakukan detoksifikasi
24.00 – 04.00
Sumsum memproduksi darah


Jadi, Silakan mulai dari sekarang deteksi suara yang dihasilkan oleh tubuh anda... Sayangi tubuh anda...

Disandur kembali dari buku "Tubuh Anda Cermin Kesehatan Anda" karangan Mahendra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar