Selasa, 01 Februari 2011

NASI ADALAH MAKANAN "MATI"

oleh
Alit Adi Sanjaya

Anda pasti mengenal salah satu jenis makanan diatas bukan?? Ya! memang wajib hukumnya anda mengenal nasi sebagai warga negara Indonesia. Karena nasi adalah makanan pokok bagi sebagain besar masyarakat Indonesia. Pernahkah Anda memikirkan kandungan yang terdapat dalam nasi?? Pernahkah Anda memikirkan bahaya mengkonsumsi nasi?? Tentu ada yang menjawab pernah dan ada juga yang menjawab tidak. Ya! itu memang hak Anda. Saran saya, segeralah meminimalkan jumlah nasi yang masuk ke dalam tubuh anda setiaop hari. Kenapa??? Pepatah mengatakan "Anda Adalah Apa Yang Anda Makan" dan "Anda Sekarang ini Adalah Apa Yang Anda Makan Kemarin". Lalu apa salahnya makan nasi???

Judul artikel saya ini adalah "Nasi Adalah Makanan Mati"
Kenapa saya mengatakan demikian????
Tentu saya punya alasannya.
Anda pasti sudah tahu bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat. Dan Karbohidrat sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi utama untuk metabolisme sel. 
NASI yang anda makan sehari-hari TIDAK LEBIH BANYAK HANYA MENGANDUNG karbohidrat saja. Tidak lebih dari itu. Maka dari itu nasi disebut sebagai makanan mati. nasi putih (nasi yang Anda makan sehari-hari) berbeda dengan nasi merah. Apa bedanya???? Nasi merah, selain mengandung karbohidrat, juga mengandung vitamin B1 yang penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. 
Apa jadinya kalau anda kekurangan vitamin B1???
Makan nasi yang banyak akan membuat anda menjadi gemuk-obesitas, dan tidak memiliki energi dalam melakukan aktivitas. Itulah ciri-ciri kekurangan vitamin B1. 
Anda mudah tersinggung dan sulit berkosentrasi?? Itu ciori-ciri anda juga kekurangan vitamin B1.

Perlu saya sejaskan bahwa KARBOHIDRAT SEMATA TIDAKLAH MENGGEMUKKAN ATAU TIDAK SEHAT. YANG BERBAHAYA ADALAH KARBOHIDRAT REFINASI. 

Apa itu KARBOHIDRAT REFINASI???? 
Karbohidrat refinasi merupakan karbohidrat hasil olahan lebih lanjut-yang daya hidupnya sudah tercabut. 
Apa dampaknya???
Kadar gula (glukosa) merujuk kepada kadar glukosa dalam darah, dan kadar gula dalam darah seseorang (mungkin termasuk anda) yang melebihi kisaran normal, maka akan diiagnosis diabetes. Kadar gula diatur oleh hormon insulin yang dikeluarkan oleh pankreas. Kalau mengkonsumsi terllau banyak makanan yang kaya karbohidrat seperti NASI PUTIH atau TEPUNG TERIGU REFINASI, insulin tidak akan bekerja secara maksimal dan energi dari karbohidrat tak akan tersebar ke sekujur tubuh. Akibatnya orang akan terasa letih (dan memang letih).
Selain itu, mengkonsumsi gula berlebih (termasuk nasi juga merupaka gula kompleks) akan dapat mempercepat penuaan anda...

Jadi makan makanan nasi putih yang berlebih tidak akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, dan justru membahayakan tubuh. jadi batasi konsumsi nasi putih di atas meja makan anda. 
Selamat mencoba.....

2 komentar:

  1. Kesehatan memang mahal... tapi anda bisa ganti beras merah dengan beras putih tapi merah.. caranya:
    Anda punya magicom khan dikost??
    Cuci beras dengan bersih
    Parut ubi ungu...
    peras airnya sampai ketemu air berwarna ungu
    sampurkan dengan beras yang sudah di bersihkan..
    nanak di magicom..
    siap dihidangkan nasi merah buatan...
    dan menyehatkan....
    selamat mencoba.....

    BalasHapus