Senin, 31 Januari 2011

KITA PERLU BANYAK BELAJAR MAKAN DARI SIMPANSE

oleh 
Alit Adi Sanjaya

Tahukah Anda kenapa saya mengatakan bahwa "Kita Harus Banyak Belajar Makan dari Simpanse"???? Tentu saya punya alasannya. Sebelum saya menjelaskan alasannya lebih lanjut, pernahkah Anda mendengar Simpanse terkena penyakit diabetes??? Obesitas???? Gagal jantung??? Tentu tidak bukan?
Lalu kenapa manusia sekarang lebih rentan terkena penyakit diatas??? Bagian mana letak kesalahan manusia???

Tahukah Anda, bahwa makanan simpanse di alam bebas mencakup 50% buah, sekitar 45% bagian tumbuhan lain (akar, daun, umbi) dan sekitar 5% serangga (semut dan lain-lain). Artinya dapat disimpulkan bahwa sebagian besar makanan simpanse di alam adalah berasal dari tumbuhan, bukan hewan. 

Lalu kenapa saya menghubungkan Anda dengan simpanse???
tentu saya punya alasan. Simpanse secara evolusi merupakan kerabat kita yang sangat dekat. Simpanse termasuk ke dalam famili Hominidae. Sedangkan manusia juga termasuk ke dalam famili Hominidae. Jadi kita dengan simpanse adalah satu "keluarga" besar. Apa hubungannya???

Artinya secara morfologi dan fisiologi tubuh, kita memiliki banyak kemiripan dan kesamaan. struktur gigi (dens) kita dengan simpanse sangat mirip. Memiliki 2 buah gigi taring dan lebih banyak gigi geraham. Simpanse sangat tepat memilih jenis makanannya di alam (95% tumbuhan dan 5% hewan). Ini sesuai dengan perbandingan jumlah gigi mereka. Bagaimana dengan manusia?? Tentu memiliki kesamaan. 

Lalu????? Manusia sekarang telah melawan KODRAT sebagai "hewan" (saya sebut hewan karena memang kita hewan secara ilmu sains). Secara alami manusia HARUS memakan makanan sebagian besar dari tumbuhan. Lalu lihat sekarang!! Manusia lebih banyak memakan daging hewan dibanding dengan sayuran. 

Itulah sebabnya manusia sekarang lebih rentan terkenan penyakit seperti diabetes, obesitas, gagal jantung, kolesterol tinggi, dan lainnya..... 

Sudahkan Anda sadar dengan makna penjelasan saya diatas????
Artinya kita sebagai manusia harus lebih banyak makan makanan yang berasal dari tumbuhan dibanding dengan makanan dari sumber hewan. Sehingga penyakit yang menyerang manusia saat ini akan dapat hilang sedikit demi sedikit kedepannya. 

Mungkin Anda akan berpikir begini "saya akan tidak berenergi kalau makan makanan yang berasal dari tumbuhan". Ya. memang pemikiran ini sangat umum saya jumpai.
Coba kalian pikirkan ini. Gajah yang HANYA makan tumbuhan dapat sebesar itu. Jerapah HANYA makan tumbuhan dapat setinggi itu. 
Pernahkah kalian perhatikan bahwa SINGA tidak bisa lari lama saat mengejar mangsanya??? Singa pasti mencari strategi yang tepat untuk bisa menerkam mangsanya. Kenapa???? Hal ini disebabkan karena singa yang banyak memakan daging, akan banyak memiliki "sampah" di dalam tubuhnya.
Satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa daging tidak memberikan energi bagi tubuh kita selamanya. Dan banyak makan daging menyebabkan Anda lebih cepat tua.

Nagh sekarang keputusan ada di tangan Anda. Apakah anda mau menimbun "sampah" dalam tubuh anda, dan anda menginginkan diri Anda cepat tua.. Andalah yang mengambil keputusan sekarang.

Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. thank infonya sangat membantu, silahkan kunjungi balik web kami http://bit.ly/2QskoZs

    BalasHapus