Jumat, 11 Februari 2011

ILMU GIZI SAAT INI TERNYATA MEMBUAT ORANG DIABETES

Oleh
Alit Adi Sanjaya


Jaman sekarang banyak orang yang senang mengganti makanan mereka dengan makanan siap saji. Nasi yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia tidak lebih baik bagi anda daripada roti putih.

Kenapa NASI tidak baik???
Nasi putih gampang dimakan karena sudah diolah, sehingga bisa dicerna dan diserap langsung oleh tubuh, tetapi itu menyebabkan kenaikan kadar gula sesudah makan. Karbohidrat bagian utama dari beras putih diubah menjadi glukosa selama proses pencernaan dan penyerapan, kemudian menjadi sumber tenaga untuk kehidupan sehari-hari. Glukosa berlebih akan dikirim kehari melalui darah dan disimpan sebagai glikogen. Jika energi dibutuhkan, glikogen akan diubah kembali menjadi glukosa dan dikikim ke sel-sel seluruh tubuh dan diubah menjadi mitokondria dalam sel.

Kadar glukosa merujuk kepada kadar glukosa dalam darah, dan kalau kadar gula darah seseorang melebihi kisaran normal, makam dia di diagnosis DIABETES. Kadar gula diatur oleh hormon insulin yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. Kalau mengkonsumsi terlalu banyak makanan kaya karbohidrat seperti NASI PUTIH, ROTI atau PASTA dari tepung terigu refinasi, JAGUNG, KENTANG, BUAH, atau GULA PUTIH, insulin tak akan bekerja secara maksimal, dan energi dari karbohidrat tak akan tersebar keseluruh tubuh. Akibatnya orang akan merasa letih (DAN MEMANG LETIH) sampai ke tingkat sel. Gejala selain letih adalah lamban bergetak, haus dan tak bisa berkosentrasi. 

Ada dua penyebab gangguan fungsi insulin, yaitu:

  1. Gangguan pengeluaran insulin dari pankreas
  2. Resistansi insulin
Pada keduanya, masalah metabolisme energi sangat dipengaruhi makanan berlebihan dan/atau kurang gerak badan. 

Jadi, apakah anda ingin insulin anda bekerja dengan normal???
Batasilah asupan karbohidrat ke dalam tubuh anda, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah banyak mengandung fitokimia yang penting bagi kesehatan tubuh. Enzim hidup banyak terdapat di dalam sayuran dan buah yang dapat membantu kerja enzim induk anda di dalam tubuh anda.

Ingin sehat??
Anda bisa praktekkan dalam hidup anda mulai dari sekarang.
Selamat Mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar