Selasa, 22 Februari 2011

HAL-HAL YANG DAPAT MENGURAS ENZIM DALAM TUBUH ANDA

oleh
Alit Adi Sanjaya

Ketahuilah bahwa TUBUH ANDA MEMILIKI KEMAMPUAN LUAR BIASA UNTUK MENYEMBUHKAN DIRI SENDIRI. Untuk dapat mengaktifkan kemampuan tersebut untuk bisa hidup panjang dan sehat hanya ada satu kata kunci: ENZIM

Apa itu enzim????
Enzim adalah sebuah istilah genetik untuk katalis protein yang dibentuk oleh makhluk hidup. Dimanapun terdapat kehidupan, enzim selalu ikut ambil bagian dalam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan.  Makhluk hidup juga memproduksi enzim dengan menggunkan enzim yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi. Telah ditemukan lebih dari 5.000 enzim vital diciptakan di dalam sel-sel tubuh makhluk hidup. Setiap enzim memiliki karakteristik khusus dan fungsi yang unik.

Ada suatu enzim pangkal, yaitu sejenis enzim prototipe yang belum terspesialisasi. Selama belum diubah menjadi suatu enzim spesifik sebagai reaksi terhadap suatu kebutuhan tertentu, enzim pangkal memiliki potensi untuk berubah menjadi enzim apa pun. Namun, kadar enzim pangkal berkurang bersamaan dengan bertambahnya usia. 

Adapun hal-hal yang dapat menguras enzim dalam tubuh adalah sebagai berikut.

  1. Mengonsumsi alkohol dan tembakau
  2. Terlalu banyak makan
  3. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan tambahan makanan
  4. Penggunaan obat-obatan
  5. Makanan basi memproduksi racun dalam usus besar
  6. Sinar ultraviolet dan gelombang elektromagnetik yang menghasilkan radikal bebas
  7. Stres secara emosi
PADA SAAT POTENSI ENZIM PANGKAL TELAH HABIS,
HIDUP TUBUH ITU PUN BERAKHIR
(Dr. Edward Howell)

Jadi, ketika jumlah enzim dalam tubuh anda sedikit, maka kehidupan andapun sedikit pula. Sayangilah kehidupan anda dengan menyayangi enzim anda.

(Disandur kembali dari buku The Miracle of Enzyme karangan Hiromi Shinya MD.)

1 komentar: