Senin, 21 Februari 2011

ANDA PENDERITA MAAG??? JANGAN HANTAM DENGAN ANTASIDA ATAU OBAT APAPUN

oleh
Alit Adi sanjaya


Ada dua tempat dalam tubuh manusia yang lingkungan dengan keasaman tinggi berfungsi sebagai tindakan perlindungan. satu adalah di LAMBUNG, dan satunya ada di VAGINA wanita. Kedua tempat ini memiliki kadar keasaman tinggi dengan pH 1,5 sampai 3,0 DENGAN FUNGSI UTAMA MEMBUNUH BAKTERI.

Saat mandi, berendam atau saat berhubungan seks, bakteri akan memasuki vagina, dan asam kuat dihasilkan oleh lactobacillus di dalam vagina untuk membunuh bakteri yang masuk itu.

Bakteri akan memasuki lambung anda pada saat anda mengonsumsi makanan. Diperkirakan sekitar 300 miliar sampai 400 miliar (bisa anda bayangkan banyaknya) memasuki lambung bersama setiap makanan. Asam kuat yang terdapat pada cairan lambung akan membunuh sebagian besar bakteri tersebut. 

Dengan kata lain, karena bakteri menyerang baik lambung maupun vagina, kedua tempat itu harus memproduksi asam kuat untuk membunuh bakteri tersebut. SERING jika asam lambung, yang sangat penting untuk melindungi tubuh, dihambat dengan mengonsumsi obat-obatan, bakteri yang mengandung racun kuat lolos dari lambung masuk ke usus anda, dan bakteri itu dapat menyebabkan diare serta berbagai jensi penyakit. 

Jika sekresi asam lambung dihambat, sekresi enzim pepsin dan alam hidroklorida yang mengaktivasi enzim pencernaan juga terhambat sehingga mengalami kesulitan mencerna. Terlebih lagi jika asam lambung anda tidak mencukupi, akan mempersulit penyerapan zat besi dan mineral lainnya. 

Penghambatan asam lambung mengacaukan keseimbangan bakteri  dalam usus sehingga mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Terdapat dua tipe bakteri yang ada yakni bakteri baik dan bakteri jahat. Selain itu juga terdapat bakteri sedang yang memiliki sifat unik, yakni jika jumlah bakteri baik dalam usus bertambah banyak, maka bakteri sedang ini akan menjadi bakteri baik. Atau sebaliknya jika jumlah bakteri jahat lebih banyak di usus, maka bakteri sedang akan berubah menjadi bakteri jahat pula. Inilah awal terkena penyakit diare. 

Dengan demikian, semakin banyak anda mengonsumsi obat antasida, semakin banyak pula kerusakan yang diderita oleh tubuh anda.  Untuk menghindari kerusakan ini, anda harus mencegah heartburn atau kembung yang menyebabkan anda ingin mengonsumsi antasida. Jika anda mengerti heratburn dan kembung, anda dapat mencegahnya hanya dengan sedikit tindakan pencegahan. 

HIDARI SEBANYAK MUNGKIN KONSUMSI OBAT-OBATAN LAMBUNG, TERMASUK ANTASIDA.

SAYANGI LAMBUNG ANDA, KARENA BERKAT LAMBUNG, ANDA DAPAT BERINTERAKSI DENGAN ALAM LUAR.

Disandur kembali dari buku The Miracle of Enzyme karangan Hiromi Shinya, MD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar