Sabtu, 19 Februari 2011

BAHAYA VITAMIN C BAGI TUBUH ANDA

Oleh 
Alit Adi sanjaya
Pada postingan saya terdahulu, sempat membahasa bahwa vitamin C dapat membuat anda panjang umur. Kalau anda belum sempat membaca, bisa dikunjungi alamat ini


Kebutuhan vitamin C oleh tubuh haruslah cukup. Kebutuhan vitamin C anak balita adalah 20 mg/hari, dan orang dewasa 85 mg / hari, kebutuhan tertinggi adalah pada ibu hamil yaitu 120 mg / hari. Kebutuhan ini sudah dapat terpenuhi dengan kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, bahkan hanya dengan mengkonsumsi jambu biji merah seukuran kepalan tangan (kandungan vit c 300mg/100gr).

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga jika ada kelebihan tidak bisa disimpan di tubuh, tetapi akan dibuang melalui ginjal. Konsumsi vitamin C dosis tinggi akan mempunyai dampak tidak baik bagi tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C akan menyebabkan nyeri pada lambung dan bahkan menyebabkan diare. Hal ini disebabkan karena vitamin C yang bersifat asam. Akibat buruk kedua adalah penumpukan batu ginjal yang merupakan kristal kalsium oksalat, yang dihasilkan oleh reaksi antara asam oksalat, pecahan dari senyawa askorbat yang diekskresikan dalam urin, dengan kalsium. Kelebihan konsumsi vitamin C juga dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B12 karena vitamin C dapat mengubah sebagian vitamin B12 menjadi analognya, bahkan salah satu dari analog-analognya itu adalah antivitamin B12.

Vitamin C sebagai antioksidan akan mendonorkan atom hidrogen radikal sehingga dapat menetralkan radikal tersebut. Namun dari reaksi ini dihasilkan pula radikal antioksidan. Apabila vitamin C dikonsumsi dengan dosis yang terlalu besar di luar kebutuhan, maka akan dihasilkan banyak radikal antioksidan sehingga vitamin C akan berubah menjadi suatu pro-oksidan.

Jadi simpulannya kebutuhan vitamin dalam tubuh haruslah cukup. Tidak kurang dan tidak berlebih. INGAT DALAM SEHARI, MANUSIA NORMAL HANYA MEMBUTUHKAN VITAMIN C SEBANYAK 85 mg. JADI KALAU ANDA MENGONSUMSI-MEMINUM minuman vitamin C yang sampai 1000 mg, Tentu tidak baik bagi kesehatan anda...

Selamatkan Ginjal dan Lambung anda.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar