Selasa, 15 Februari 2011

APA BEDANYA KITA MAKAN IKAN KECIL dengan IKAN BESAR???

oleh
Alit Adi Sanjaya

Ikan merupakan salah satu lauk-pauk yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat pesisir.  Ikan memiliki banyak bentuk dan ukuran. Mulai dari ikan yang berukuran kecil, sampai yang sangat besar. Apakah kedua ukuran ikan tersebut memiliki rasa  yang berbeda???

Mungkin anda akan berpikir bahwa memakan ikan yang ukurannya lebih besar akan terasa nikmat dibanding memakan ikan yang ukuranya lebih kecil.....
Tapi pernahkah anda berpikir bahwa racun yang terkandung di ikan besar lebih besar kosentrasinya dibanding ikan kecil?? Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Sudah anda memahami gambar diatas??? Ikan kecil mengandung DDT sekitar 0,5 ppm, sedangkan ikan besar mengandung DDT sekitar 2 ppm. Sangat jauh bukan??? Jadi kalau anda memakan ikan-ikan yang berukuran besar, maka semakin besar kandungan DDT yang anda masukkan dalam tubuh.

Apa contohnya????
Merkuri (Hg) merupakan salah satu logam berat yang bersifat toksik bagi tubuh manusia. Apabila kosentrasi logam berat ini diatas ambang batas di dalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh, terutama pada organ HATI dan GINJAL anda.

Apa hubungannya dengan ikan????
Laut sebagai bagian akhir dari aliran sungai akan menampung seluruh isi sungai-termasuk senyawa-senyawa berbahaya. Limbah yang merupakan masalah besar dalam dekade ini banyak dibuang langsung ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Limbah (khusunya limbah anorganik) mengandung logam berat yang berbahaya seperti timbal (Pb) merkuri (Hg), kadmium (Cd) dan logam berat lainnya. Kesemua logam berat ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Air laut yang menerima air sungai secara otomatis mengandung senyawa berbahaya tersebut. 
Semua kehidupan di laut tentu akan menerima logam berat-senyawa tersebut. Cobalah kembali lihat gambar diatas. Bayangkan, perpindahan logam berat dari fitoplankton sampai elang pemakan ikan. Semakin diatas kedudukan trofik suatu hewan, maka kandungan racun dalam tubuhnya akan semakin besar.

Jadi saran saya sebaiknya anda memilih ikan-ikan kecil sebagai lauk anda sehari-hari untuk meminimalisir masuknya logam berat dalam tubuh anda. 
Sayangi HATI dan GINJAL anda......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar