Rabu, 16 Februari 2011

BERAPA SEHARUSNYA PERBANDINGAN MAKANAN NABATI vs HEWANI KITA???

oleh
Alit Adi Sanjaya


Pertama saya ingin semua orang tahu mengenai masalah yang ditimbulkan kepercayaan kita bahwa makan daging itu bermanfaat. Makan daging memang dapat mendorong pertumbuhan, TAPI hal itu tidak berarti orang tidak akan tumbuh kalau tidak makan daging. Contohnya gajah, banteng, kuda memiliki tubuh yang besar dan lebih berotot daripada hewan pemakan daging,

Macan merupakan hewan pemakan daging dan mempunyai tenaga yang meledak-ledak untuk menerkam mangsanya. TAPI tenaganya tidak akan bertahan lama. Hewan pemakan tumbuhan lebih unggul dalam hal stamina dibandingkan dengan singa. JADI kita tidak bisa menyimpulkan bahwa pemakan daging secara alami lebih kuat atau lebih sehat badannya.

Bagaimana dengan MANUSIA??? Apakah kita pemakan daging atau tumbuhan???
Biasanya kita dianggap sebagai pemakan segala (omnivora). TAPI hal ini belum tentu benar.  Makanan simpanse di alam bebas mencakup 50% buah, 45% bagian tumbuhan lain dan HANYA 5% serangga. Simpanse memelihara kesehatan dengan pola makan yang hampir vegetarian. Kalau melihat tatanan alami, pola makan kerabat terdekat kita yakni simpase bisa menunjukkan seperti apa yang seharusnya pola makan manusia.

Periksalah komposisi gigi anda! Berapa jumlah gigi taring anda?? Berapa jumlah gigi seri anda?? Berapa jumlah gigi geraham anda???
Gugi hewan pemakan daging lebih banyak berupa taring. sementara hewan pemakan tumbuhan punya lebih banyak gigi geraham dan gigi seri.

Bagaimana dengan manusia???
Manusia mempunyai lima gigi geraham  untuk tiap gigi seri dan gigi taring. Gigi geraham biasanya digunakan untuk menggiling padi-padian dan kacang-kacangan. Gigi seri digunakan untuk memotong sayur dan buah. Sedangkan taring adalah untuk merobek daging. 

Jika anda pikirkan lebih jauh apa yang saya tulis diatas, seyogyanya anda tahu maknanya. Makanan yang seimbang BAGI MANUSIA kiranya terdiri dari LIMA bagian padi-padian dan kacang-kacangan, DUA bagian sayuran dan buah, dan SATU bagian daging atau ikan. 

Hiromi Sinya MD, seorang ahli bedah dan gastroenterologis dan juga seorang guru besar kedokteran Albert Einstein College of Medicine Amerika Serikat membuat sebuah kesimpulan bahwa pola makan manusia yang ideal adalah dengan rasio makanan nabati dan hewani 7 banding 1 (sekitar 85% dan 15%).

Jadi sekarang semua ada di tangan anda dan anda yang berhak untuk mengambil keputusan... Mulailah dengan kehidupan  baru bagi usus anda...
Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar