Selasa, 15 Februari 2011

ALKOHOL DAPAT MEMPERKUAT TULANG ANDA

oleh
Alit Adi Sanjaya



Konsumsi alkohol tak selamanya buruk bagi kesehatan anda. Dengan takaran dan pilihan jenis yang tepat, alkohol ternyata dapat memberikan bermanfaat untuk kesehatan tulang anda.

Studi yang dilakukan para peneliti mengungkap bahwa bir
 (salah satu produk minuman beralkohol) mengandung nutrisi yang baik untuk kepadatan mineral tulang (bone mineral density/ BMD). Bir membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. 

Para peneliti menemukan kandungan silikon dalam bir yaitu mineral yang membantu pembentukan massa tulang. Silikon inilah yang bermanfaat memperkuat struktur tulang.

Dalam setiap gelas bir mengandung sekitar 6,4 sampai 56,5 mg/L silikon. Dan setiap dua gelas bir, sekitar 30 mg/L silikon. Asupan silikon yang baik dalam tubuh sekitar 20 sampai 50 mg/L. Sebab itu, tak dianjurkan mengonsumsi bir lebih dari dua gelas per hari.

Takaran yang tepat adalah satu atau dua gelas bir per hari. Konsumsi bir melebihi takaran yang dianjurkan, justru akan berdampak negatif bagi tubuh. Konsumsi alkohol berlebih memperbesar risiko hipertensi, kanker, dan gangguan organ hati. 

Selain itu minum alkohol yang berlebih dapat membuat pembuluh darah anda mengalami vaso konstriksi (berkontraksi) sehingga aliran darah dalam pembuluh akan lambat. Akibatnya, penyebaran sari-sari makanan akan sangat lambat keseluruh tubuh. Jadi tidak disarankan minum alkohol setelah makan, karena dapat menghambat penyebaran sari-sari makanan.

Jadi, minum alkohol boleh, tapi harus dalam takaran yang tepat.... 

2 komentar:

  1. ow bgitu.. sy mlh g prnh mnum mnumn br alkohol..

    BalasHapus
  2. Seken nit ink taen minum minuman beralkohol?? bog2 ne....

    BalasHapus