Sabtu, 12 Maret 2011

TIDUR MEMBANTU ANDA TURUNKAN BERAT BADAN

oleh
Alit Adi Sanjaya


Dalam upaya menurunkan berat badan, mungkin anda sudah mengurangi kalori, memperhatikan asupan makanan, serta latihan olahraga yang berat. Tampaknya semua itu sudah anda lakukan dengan benar. Tetapi ternyata semua itu tidak cukup karena berat badan anda tidak kunjung turun. Lantas, apa yang perlu dilakukan???

Jika itu terjadi, ada satu hal yang belum anda lakukan, menurut beberapa penelitian cukup efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan tidur cukup. Para peneliti saat ini mengatakan bila anda ingin mengurangi berat badan, maka anda membutuhkan waktu tidur yang cukup. 

Tidur berhubungan dengan berkurangnya produksi dan kadar hormon yang dapat mengatur selera makan. Berkurangnya selera makan memungkinkan terjadinya penurunan berat badan. Hal ini diungkapkan oleh Michael Thorpy, MD, pimpinan Sleep-Wake Disorder Center di New York. Ia juga menambahkan bahwa setiap orang yang mempunyai komitmen untuk mengurangi berat badan tampaknya harus memppertimbangkan komitmen untuk dapat tidur lebih lama.

Hormon di dalam tubuh manusia mempunyai ritme 24 jam. Ketika anda mengalami gangguan tidur, fungsi hormon anda pun akan terganggu. Kadar glukosa dalam darah anda akan berkurang dari batas normal dan membuat anda ingin makan lebih banyak lagi. Sedangkan metabolisme anda tidak mampu mengolah makanan yang anda makan dengan baik. Gangguan hormonal ini memicu tidak hanya penambahan berat badan, tapi juga sebuah penambahan resiko munculnya diabetes.

Percaya???
Kalau anda percaya, lakukanlah... Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa berhasil adalah mensugesti diri sendiri... Ingat, kekuatan pikiran akan dapat membawa perubahan dalam diri anda...

Selamat mencoba....

Disandur kembali dari buku "Ensiklopedia Hasil Penelitian Ilmiah Terpopuler dan Terpenting"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar