Jumat, 18 Februari 2011

SEDIKIT STRES TERNYATA BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA

oleh
Alit Adi Sanjaya

Sampai sekarang stress dianggap berefek negatif bagi kesehatan karena bisa memicu depresi, penyakit jantung, gangguan pencernaan, melemahkan sistem kekebalan, serta memudahkan terjadinya infeksi.

TAPI studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Journal Psychophysiology, Amerika Serikat ternyata menemukan efek positif dari stress.

Menurut penelitian itu, dalam situasi tertentu, STRES BISA MENINGKATKAN RESPON KEKEBALAN SESEORANG karena menimbulkan efek fisiologis yang berbeda.

Dalam penelitian ini subjek penelitian diminta untuk menghafal sederetan huruf, kemudian mengerjakan sebuah tes. Mereka juag diminta menonton video yang birisi adegan operasi mulut. Hasilnya, pada situasi pertama, denyut jantung mereka meningkat, demikian pula respon kekebalan tubuh mereka.

Jadi sedikit stress baik untuk kesehatan anda....
Selamat mencoba.....

2 komentar:

  1. ya berarti stres dalam taraf rendah masih baik, tapi stres tingkat tinggi tentunya harus dihindari.. ya kan Bli???

    BalasHapus
  2. Ya memang benar... stress tingkat tinggi sangat membahayakan tubuh,,, proses fisiologis tubuh bisa terganggu. Sangat jelas tampak pada perempuan. Namun belum ada alat digital yang bisa mendeteksi tingkat stress seseorang dengan mengkuantifikasi tingat ke-stres-an seseorang.

    BalasHapus