Minggu, 23 Januari 2011

Mengungkap Rahasia Dibalik Menawannya si BUNGA KUBURAN

oleh. Alit Adi Sanjaya
Tanaman kamboja dengan nama ilmiah Plumeria acuminata Ait. merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat. tanaman tropis ini selain memiliki nilai estetika, juga menyimpan banyak senyawa yang sangat penting untuk kesehatan.

 Tanaman termasuk familia Apocynaceae.Tumbuhan ini banyak tumbuh di pekuburan, juga ada yang sengaja di tanam di halaman rumah. Pada umumnya tumbuhan ini hidup subur di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

 Untuk pengembangbiakannya dengan jalan menyetek batangnya.

 Nama lain : samboja, semboja, kamboja (Jawa), kamoja, samoja (Sunda).

 Tanaman ini mengandung : fuvoplumierin, yang memperlihatkan daya mencegah pertumbuhan bateri. Di samping itu juga mengandung minyak menguap antara lain: geraniol, farnesol, sitronellol, fenetilalkohol dan linallol. Juga terdapat saponin, zat pahit dan damar.









Kegunaan :
Patek (frambosia); belak (pecah-pecah pada telapak kaki: Kulit kayu ditumbuk dan air perasannya dapat dipakai sebagai obat luar. Merendam kaki yang bengkak: Kulit kayu direbus lebih kurang selama
setengah jam, setelah dingin airnya dapat dipergunakan untuk merendam. Mempercepat pecahnya bisul: Daunnya dipanggang di atas api, lalu diolesi dengan sedikit minyak kelapa kemudian ditaruh di atas bisul. Getah kamboja yang dioleskan pada bisul, juga dapat mempercepat pecahnya bisul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar