Kamis, 27 Januari 2011

MAKAN 3 KALI SEHARI TERNYATA KURANG SEHAT LOH.... KOK BISA????

oleh Alit Adi Sanjaya

Kita waktu masih menjadi anak kecil- anak SD sering diajarkan oleh guru kita bahwa makanlah 3 kali sehari.... makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna.... dan embel2 sebagainya..... Lalu kenapa saya mengatakan makan 3 kali sehari kurang sehat???? kenapa makan makanan 4 sehat 5 sempurna kurang sehat bagi tubuh?????

Kenapa makan 3 kali sehari kurang sehat???
Berikut penjelasannya....
Makan merupakan bagian penting bagi seluruh makhluk hidup-termasuk manusia... dengan makan kita dapat melakukan segala aktivitas kita dibawah kemampuan dan batasan kita sebagai manusia.  Lalu apanya yang salah dengan makan??? Makan yang berlebih ternyata tidak baik untuk kesehatan. TIDAK MAKAN ternyata dapat memicu AUTOFAGI. Apa itu?? Autofagi merupakan fungsi daur ulang dalam sel. waktu kita MENGHADAPI KELAPARAN, tubuh akan menghadapi autofagi-pendaur ulang sampah tubuh anda. 
Gizi dan makanan yang kita makan diserap di usus kita dan dibawa oleh sel darah merah-eritrosit ke semua sel dalam tubuh. keadaan kelaparan berarti aliran gizi dari usus lewat darah ke 60 triliun sel akan terhenti. 
Pada ilmu gizi tradisional, pemenuhan kebutuhan gizi seimbang itu perlu agar tidak kelaparan. Dengan alasan tersebut, diharapkan makan 3 kali sehari secara teratur untuk mendapat kalori secukupnya demi kegiatan sehari-hari. 
TETAPI dengan praktik pola makan seperti itu, proses detoksifikasi dalam sel-sel kita barangkali tidak bisa berfungsi cukup baik dan kalau demikian, jumlah sampah dalam sel kita akan terus bertambah. 
SAINS baru mulai menyadari dan mencoba memahami daur ulang protein. Secara rasional, orang dapat tetap hidup walaupun tidak makan asalkan masih bisa minum air. Alasannya adalah karena pusat daur ulang dalam sel-sel kita aktif dan protein baru dibuat dari protein cacat  atau "sampah". Dengan kata lain, KALAU TIDAK MAKAN, regenerasi jaringan tubuh masih bisa berlangsung. Selain itu tumpukan protein cacat juga terpakai dalam proses pembuatan, sehingga menjadi detoksifikasi dalam sel dan membuat sel makin aktif. 

dengan kata lain: DENGAN MAKAN BERLEBIHAN, KITA TELAH MENGHALANGI AKTIVITAS ENZIM PEREMAJA KITA, SEHINGGA PUSAT DAUR ULANG DALAM TUBUH KITA TIDAK BEKERJA.

Cobalah untuk mengalami Kelaparan pada diri anda, sehingga detoksifikasi seluler dalam tubuh anda dapat berjalan...
Selamat Mencoba...


3 komentar:

  1. jd yg bgs itu bgmn?
    trus mkn sdikit tp sering itu bgs g?

    BalasHapus
  2. Makanlah makanan dengan porsi yang seimbang. sesuai dengan struktur gigi kita (60% gigi geraham, 10% gigi taring dan 30% gigi seri)artinya kita harus makan makanan yang sebagian besar dari tumbuhan (nabati). Porsi yang seimbang itu adalah 80% makanan dari sumber nabati, dan 20% makanan dari sumber hewani.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. pantes rasulullah S.A.W menganjurkan kita berpuasa sunnah dan wajib tentunya

    BalasHapus