Minggu, 30 Januari 2011

GIZI TRADISIONAL vs GIZI MODERN

oleh. 
Alit Adi Sanjaya

Masih ingatkah kalian dengan konsep GIZI 4 SEHAT 5 SEMPURNA??? tentu masih ingat, karena konsep inilah yang membawa menjadi keadaan sampai sekarang ini. Masihkah kalian ingat apa saja kandungan gizi 4 sehat 5 sempurna??  Tentu ada yang ingat dan ada yang lupa-lupa ingat. Ya. Kandungannya adalah Nasi, Lauk, Sayuran, Buah, dan Susu sebagai pelengkap-sempurna. Masihkah kalian mempraktekkan konsep ini dalam hidup ini??? Saya sarankan kalian harus pikir-pikir dulu untuk melanjutkan konsep ini dalam hidup anda. 

Kenapa????? 
Ternyata konsep yang berpuluh-puluh tahun inilah yang menyebabkan manusia menjadi seperti ini. Manusia banyak menderita DIABETES, OBESITAS, SERANGAN JANTUNG, KOLESTEROL TINGGI, dan penyakit lainnya.
Konsep ini merupakan konsep GIZI TRADISIONAL. Dan sekarang WAJIB kalian tinggalkan. Kenapa???

Sekarang telah lahir GIZI MODERN yang dapat membuat anda lebih sehat, enerjik dalam melakukan aktivitas keseharian. Apa itu??? Gizi modern ini diperkenalkan oleh seorang dokter ahli usus-Endoskopi kebangsaan Jepang. Dalam Gizi modern ini terdapat empat kelompok gizi dalam Biozim Sinya (Bio Enzim), yakni sebagai berikut.

  1. Grup A: Air dan Enzim
  2. Grup B: Mineral dan Vitamin'
  3. Grup C: Fitokimia dan Serat
  4. Grup D: Karbohidrat, Protein dan Lemak
Kenapa Orang jaman sekarang bisa kekurangan gizi walaupun sudah kenyang????
Coba kalian lihat lagi empat kelompok gizi A sampai D diatas. Banyak orang yang banyak makan tapi masih kekurangan gizi. Pola makan yang mengutamakan makanan bersumber hewani (daging, susu sapi, dan produk susu) dan padi-padian yang diolah (beras putih, roti) bisa sangat kekurangan gizi kelompok A sampai C. Banyak yang merasa cukup makan sayur masih kekurangan enzim karena tidak mengkonsumsi sayuran mentah. Enzim-enzim dalam sayuran bisa melemah atau rusak karena dimasak.

Apa Salahnya Gizi 4 sehat 5 sempurna????
  1. Nasi-karbohidrat. Merupakan sumber enegri utama dalam sel. Namun mengkonsumsi nasi atau karbohidrat lainnya terlalu banyak menyebabkan anda lebih cepat tua. Coba kalian perhatikan disekeliling anda, orang-orang lebih cepat tua walaupun umur mereka belum tua. Nasi putih yang kalian makan sehari-hari merupakan MAKANAN MATI. Artinya makanan yang tidak mengandung zat gizi. Vitamin B12 yang banyak terkandung dalam beras sudah hilang pada saat proses penggilingan. Jadi ketika kalian makan nasi, maka anda hanya memasukkan karbohidrat saja, tanpa kandungan gizi lainnya.
  2. Daging. Daging yang merupakan sumber protein bagi tubuh. Sekarang kalian harus membatasi pasokan daging untuk tubuh anda. Kenapa??? Semakin banyak anda makan daging, maka senakin cepat proses penuaan terjadi. Kita harus banyak belajar bagaimana makan yang baik dengan SISPANSE yang merupakan hewan paling dekat kekerabatannya dengan manusia. Sispanse biasanya makan langsung mengambil bahan makanan dari alam. Yakni 50% buah-buahan, sekitar 45% dari bagian tumbuhan (umbi, daun, akar) dan HANYA 5% serangga (semut, dll). Artinya, sebagian besar makanan sispanse adalah berasal dari tumbuhan. Jadi sebaiknya kita masih banyak belajar dari nenek moyang kita.
  3. Susu. Susu yang merupakan pelengkap gizi 4 sehat 5 sempurna. Susu merupakan makanan yang PALING SULIT DICERNA oleh tubuh. sebagian besar susu hewani mengandung kasein. Kasein inilah bagian yang paling sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena susu akan menggumpal dilambung, sehingga sulit diuraikan oleh enzim. Kasien ini masuk ke dalam usus anda dan menggumpal. Lama kelamaan gumpalan kasein dalam usus anda semakin banyak dan dapat memicu KANKER USUS. Ternyata Susu berkalsium tinggi, dapat mempercepat proses OSTEOPOROSIS di tubuh anda.
Buah dan sayuran dalam gizi 4 sehat 5 sempurna merupakan bagian yang dibutuhkan bagi tubuh anda. Buah yang segar banyak mengandung enzim hidup yang baik untuk kesehatan anda. Sayuran (mentah) banyak emnagndung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh anda. 

Jadi masihkah anda mau mempraktekkan Gizi 4 sehat 5 Sempurna??
Saran saya, segeralah tinggalkan itu, dan beralih ke empat kelompok gizi dalam Biozim Sinya (Bio Enzim)

Selamat mencoba....

1 komentar:

  1. I am a vegetarian lover

    move on http://akucintamatematika.blog.com

    BalasHapus