Rabu, 17 November 2010

MINUMLAH AIR SATU JAM SEBELUM MAKAN

Oleh. Alit Adi Sanjaya



            Satu “kebiasaan baik” yang saya praktikkan setiap hari adalah meminum sekitar 500 ml air setiap satu jam sebelum makan.
Sering orang berkata bahwa sebaiknya Anda banyak minum air yang baik setiap hari untuk kesehatan.Sama halnya ada waktu yang baik untuk makan, ada pula waktu yang baik untuk minum. Saya yakin, mereka yang menanam sendiri tanaman mereka mengerti akan hal ini. Toh, pengairan yang berlebihan bagi tanaman akan menyebabkan akar membusuk dan tanaman akan layu dan mati. Seperti halnya ada periode waktu dan banyaknya air yang sesuai untuk menyiram tanaman, hal yang sama juga dapat dikatakan mengenai konsumsi air bagi manusia.
Tubuh manusia sebagian besar tersusun oleh air.Bayi dan anak-anak kecil terdiri dari kira-kira 80% air, orang dewasa 60-70%, dan manula 50-60%. Bayi memiliki kulit yang tampak segar dan muda karena sel-sel mereka mengandung banyak air. Sangatlah penting bagi tubuh manusia agar selalu diberi banyak air yang segar dan baik.
Air yang memasuki mulut diserap oleh sistem pencernaan sebelum diangkut menuju sel-sel di seluruh tubuh melalui pembuluh darah.Semakin banyak air menyebabkan darah mengalir lebih baik sehingga mendorong efisiensi metabolisme. Air yang baik juga memiliki efek mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, orang dewasa sebaiknya minum setidaknya 6-8 gelas air setiap harinya, dan lansia sebaiknya minum setidaknya 5 gelas.
Kapankah waktu yang tepat untuk minum air?
Jika mengonsumsi terlalu banyak air tepat sebelum makan, lambung menjadi penuh sehingga Anda kehilangan nafsu makan. Dan jika Anda minum air saat makan, air akan mengencerkan enzim-enzim pencernaan dalam lambung Anda sehingga pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, jika harus minum air saat makan, sebaiknya Anda menghindari minum lebig dari satu gelas setiap kali makan.
Ada sebagian dokter yang menyarankan orang-orang untuk minum air sebelum tidur atau saat mereka terbangun pada malam hari-bahkan jika mereka tidak haus-untuk mencegah darah mengental.Namun saya tidak setuju dengan kebiasaan ini.Sebaiknya Anda menghindari minum air sebelum tidur jika ingin mencegah terjadinya aliran balik.Bahkan walaupun hanya air, jika air bercampur dengan asam lambung, memasuki tenggorokan, dan terhirup ke dalam paru-paru, Anda mengahadapi resiko menderita pneumonia.
Cara ideal untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda adalah dengan minum air setelah bangun tidur pada pagi hari dan satu jam sebelum setiap kali makan. Jika yang diminum hanya air, air akan mengalir dari lambung menuju usus dalam 30 menit dan oleh karena itu, tidak akan menghambat pencernaan ataupun penyerapan.
Tentu saja, ini hanya salah satu cara untuk melakukannya. Pada musim panas, semua orang memerlukan lebih banyak air, terutama mereka yang banyak berkeringat. Namun, orang-orang yang memiliki sistem pencernaan yang lemah dapat mengalami diare jika mereka terlalu banyak minum air. Banyaknya air yang dibutukan seseorang berbeda-beda bergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan perlu ditentukan oleh apa yang dianggap sesuai untuk tubuh setiap orang. Jika 6 gelas air menyebabkan diare, kurangilah jumlah yang Anda minum menjadi 1,5 gelas 3 kali sehari dan perlahan tingkatkan jumlah seiring waktu.
Dalam udara dingin, hangatkanlah air dan kemudian minumlah dengan perlahan. Minum air dingin akan mendinginkan tubuh. Disebutkan bahwa suhu tubuh saat enzim menjadi paling aktif adalah sekitar 36-40oC.Terlebih lagi, jika suhu tubuh meningkat 1oC saja dalam batasan ini, dikabarkan bahwa sistem kekebalan tubuh meningkat keefektifannya sebesar 35%.Saya percaya bahwa demam yang terjadi saat penyakit melanda adalah bagian dari pertahanan alami tubuh karena meningkatnya suhu tubuh mengaktifkan enzim-enzim ini.
Sumber:The Miracle of Enzyme (Hiromi Shinya MD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar