Sabtu, 22 Oktober 2011

KAITAN KEBIASAAN MAKAN DAGING DENGAN KONDISI KELAPARAN DI DUNIA

Oleh
Alit Adi Sanjaya



  1. Apabila kita simpan padi-padian dan sumbangkan itu kepada rakyat miskin dan kekurangan makanan, dan tidak diberikan kepada hewan ternak, dengan mudah kita dapat memberi makan kepada hampir semua rakyat di dunia yang sedang kekurangan makanan
  2. Kalai kita makan setengahnya saja, dari jumlah daging yang biasanya kita makan, maka didapat sejumlah makanan untuk disumbangkan kepada seluruh dunia yang sedang berkembang.
  3. seorang ahli nutrisi dari Havard, Jean Mayer memperhitungkan dengan mengurangi produksi daging dengan hanya 10% saja akan dapat membebaskan cukup padi-padian untuk bisa dimakan oleh 60 juta orang.
  4. Kenyataan yang sangat mengejutkan ialah bahwa 80 - 90% dari semua padi-padian yang ditanam di Amerika untuk makanan ternak.
  5. Dua puluh tahun yang lalu, rata-rata orang Amerika memakan 20 kg daging, tahun ini mereka akan memakan 55 kg daging sapi saja. Karena orang Amerika terpaku pada daging maka setiap hari memakan kebutuhan protein dua kali lipat.
Semakin banyak ilmuwan dan ahli ekonomi mendesak agar orang menjadi vegetaris untuk memecahkan masalah pangan yang semakin tahun semakin kompleks permasalahnya. Mereka yakin bahwa makan daging merupakan penyebab utama segala permasalahan ini.

Disandur kembali dari buku "Apa salahnya makan daging"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar