Jumat, 26 November 2010

Kenapa Orang Sering Menangis Lebih Sehat???


Oleh. Alit Adi Sanjaya


Selain perasaan bahagia, perasaan sedih dan menderita juga merupakan memori implisit dalam jiwa manusia. Dan semua manusia pasti pernah merasakan hal itu. Perasaan sedih atau menderita dapat diekspresikan dengan menangis, sehingga menangis pada hakekatnya adalah fitrah manusia. Bahkan menangis merupakan pertanda kehidupan. Seorang bayi yang baru lahir harus menangis untuk menandakan bahwa bayi itu lahir hidup. Jika bayi tak menangis, maka dokter/bidan akan merangsang tangisan dengan mengurut-urut punggung bayi. Tangisan pertama bayi ini bertujuan untuk mengembangkan paru-paru bayi agar bayi dapat bernapas.

Lebih dari itu, bahwa dalam skala tertentu, tetesan air mata dapat menjadi obat jitu meredakan stres dan kesedihan yang mendalam.  Air mata mengandung zat kimia tertentu yang dapat menghalau masuknya kuman-kuman pembunuh. Air mata yang keluar ketika anda mengiris bawang (air mata pedih) mengandung 98% air. sedangkan air mata emosional (misalnya, yang keluar pada saat datang kesedihan yang mendalam) mengandung banyak racun/ toksin. jadi dapat disimpulkan bahwa air mata kesedihan itu dapat berfungsi membuang racun dalam tubuh. 

Jadi, Kalau anda sedang bersedih, MENANGISLAH.......

Ketika kita meneteskan air mata, hormon stres kortisol dalam darah, protein kekebalan interleukin-6, CD4, CD8, dan sel kekebalan pembunuh alamiah, dipengaruhi secara bermakna. Menangis dapat menekan stres. Demikian juga dengan perbedaann kadar mangan antara air mata emosional dan air mata kepedihan, ternyata, sama-sama mengandung mangan yang kadarnya 30 kali lebih besar daripada yang terdapat dalam darah. Fakta ini memberikan sedikit bukti bahwa airmata pun bisa membuang racun. Mungkin yang perlu diingat bahwa pengeluaran air mata yang dipicu secara spontan memiliki efek berbeda dengan yang dibuat-buat, persis dengan perbedaan senyum palsu dan tawa spontan. Fakta lain, tertawa dan menangis ternyata memiliki efek yang sama terhadap tubuh. Jadi, tak usah heran jika ada orang yang tertawa terbahak-bahak sampai mengeluarkan air mata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar