RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA I
SEKOLAH : SMA NGERI ________________
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : XI / Ganjil
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar:
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Indikator:
1. Describe the external and internal structure of the mammalian heart
2. Explain the differences in the thickness of the walls of the different chambers in terms of their functions
3. Describe the cardiac cycle
4. Explain how heart action is initiated and controlled (refence should be made to the sinoatrial node, the atrioventricular node and the Purkinje tissue)
5. Menjelaskan fungsi jantung
I. Tujuan Pembelajaran:
1. After do the discussion and watch the video, students are able to describe the extrernal and internal structure of the mammalian heart
2. After do the discussion and watch the video, students are able to explain the differences in the thickness of the walls of the different chambers in terms of their functions
3. After do the discussion and watch the video, students are able to describe the cardiac cycle
4. After do the discussion and watch the video, students are able to explain how heart action is initiated and controlled (refence should be made to the sinoatrial node, the atrioventricular node and the Purkinje tissue)
5. Setelah melakukan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan fungsi jantung
II. Materi Pembelajaran
Jantung
Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Letaknya adalah di dalam rongga dada, diatas diafragma. Jantung tersusun atas perikardium (selaput pembungkus jantung), miokardium (otot jantung), dan endokardium (pembatas ruang jantung). Jantung manusia terbagi menjadi empat ruang, yaitu serambi kiri (atrium sinister), serambi kanan (atrium dexter), bilik kiri (ventrikel sinister), dan bilik kanan (ventrikel dexter). Bilik memiliki dinding yang lebih tebal dibandingkan serambi. Bilik kiri juga lebih tebal dibandingkan bilik kanan. Hal ini berkaitan dengan fungsi bilik kiri untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup valvula bikuspidalis, sedangkan antara serambi kanan dengan bilik kanan terdapat valvula trikuspidalis. Kedua katup ini berfungsi mencegah darah dari bilik berbalik ke serambi.
Pada jantung ada jaringan yang bersifat unik, yaitu sebagioan bersifat saraf dan sebagian bersifat otot, disebut jaringan neuromuscular. Jaringan ini terdiri atas:
1. Steno-atrial node (SA node), merupakan pacu jantung. Sebab denyut jantung secara normal dimulai dari SA node. SA node terletak pada dinding atrium dexter pada perbatasan vena cava inferior dengan vena cava superior.
2. Atrio-ventricular node (AV node), terletak pada bagian bawah septum interatrial
3. Berkas His, merupakan berkas-berkas saraf yang turun ke septum interventricular. Ada dua berkas His, yaitu kiri dan kanan.
4. Berkas Purkinye, merupakan cabang-cabang saraf pada dinding ventrikel sampai ke musculus papillaris.
Perambatan impuls pada jantung dimulai dari SA node dan merambat ke otot-otot atrium sehingga atrium berkontraksi. Kemudian impuls mencapai AV node, dimana impuls dari atrium ditunda di AV node selama 0,1 detik, sebelum masuk ke ventrikel. Keadaan ini memungkinkan atrium berkontraksi mendahului ventrikel. Dari AV node impuls dirambatkan ke berkas His dan selanjutnya ke serabut Purkinye yang mengahantarkan rangsangan ke seluruh
bagian ventrikel. Dengan demikian seluruh jantung berkontraksi. Sistem ini menyebabkan jantung berdenyut berirama (ritmis).
Fungsi jantung adalah memompakan darah keseluruh tubuh, dengan jalan berdenyut. Siklus jantung adalah periode dari akhir kontraksi jantung sampai akhir kontraksi berikutnya. Setiap siklus dimulai dari timbulnya perangsangan secara spontan di SA node. Siklus jantung terdiri atas satu periode relaksasi yang disebut diastole yang diikuti oleh satu periode kontraksi yang disebut sistole. Lamanya siklus jantung kurang lebih 0,8 detik. Siklus jantung mulai dari kontraksi kedua atrium lalu dilanjutkan relaksasi kedua atrium. Kemudian istirahat sebentar sekali, dan selanjutnya diikuti oleh kontraksi kedua ventrikel, kemudian diikuti relaksasi kedua ventrikel. Perlu dijelaskan bahwa kedua atrium masih dalam keadaan relaksasi akhir pada saat ventrikel mulai relaksasi, kemudian baru mulai lagi siklus baru.
III. Strategi Pembelajaran
Pendekatan : Discovery inquiry (student centered)
Model : Kooperatif STAD
Metode : a. Diskusi dan informasi
b. Tanya jawab
c. Presentasi
IV. Kegiatan Belajar
No | Tahapan Pembelajaran | Aktivitas Siswa | Aktivitas Guru | Alokasi Waktu |
1. | Kegiatan awal | · Mengucapkan salam · Menyampaikan siswa yang tidak hadir · Menjawab pertanyaan guru · Mendengarkan penjelasan dari guru | · Membalas salam dari siswa · Mengecek kehadiran siswa · Memberikan motivasi dengan menggali pengetahuan awal (prior knowledge) siswa. 1. Cobalah pegang dengan sangat erat pergelangan tangan kiri kalian selama 30 detik! Setelah itu, lepas. Rasakan apa yang terjadi? 2. Bagimana darah di dalam tubuh dapat beredar? · Menyampaikan SK, KD, indikator dan tujuan pembelajaran | 5’ |
2 | Kegiatan inti | · Mendengarkan penjelasan dari guru mengenai alat peredaran darah (jantung) · Duduk berkelompok | · Memberikan penjelasan awal tentang alat peredaran darah (jantung) · Memfasilitasi siswa untuk duduk berkelompok | 10’ |
a. Eksplorasi | · Mencermati LKS tentang alat peredaran darah (jantung) sebelum melakukan kegiatan diskusi · Menggali informasi tentang alat peredaran darah (jantung) dari buku sumber. | · Memfasilitasi siswa dalam mencermati LKS · Memfasilitasi siswa menggali informasi tentang alat peredaran darah (jantung) dari buku sumber. | 5’ | |
b. Elaborasi | · Melakukan diskusi kelompok terhadap gambar alat-alat peredaran darah (jantung) sesuai petunjuk LKS tentang alat peredaran darah (jantung) · Memunculkan gagasan, ide baru tentang alat peredaran darah (jantung) yang diamati, terkait struktur dan fungsi jantung. · Menganalisa dan menyelesaikan masalah hasil eksplorasi mengenai alat peredaran darah (jantung). | · Memfasilitasi siswa dalam melakukan kegiatan diskusi kelompok. · Memfasilitasi siswa memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis · Memberikan kesempatan berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah hasil eksplorasi mengenai alat peredaran darah (jantung). | 20’ | |
c. Konfirmasi | · Mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok di depan kelas secara bergiliran mengenai alat peredaran darah (jantung). · Mendengarkan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan yang belum dimengerti tentang alat peredaran darah(jantung). · Menerima umpan balik, penguatan dan penghargaan. | · Memfasilitasi kegiatan presentasi pada siswa · Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mengenai alat peredaran darah (jantung). · Memberikan umpan balik positif, penguatan, penghargaan kepada siswa. | 35’ | |
3 | Kegiatan akhir | · Membuat simpulan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran · Mendengarkan pengumuman dari guru tentang kelompok terbaik saat melakukan kegiatan diskusi dan presentasi · Mengumpulkan hasil diskusi · Menjawab soal kognitif pada lembar jawaban. · Mendengarkan penjelasan guru tentang rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya · Membalas salam | · Memfasilitasi siswa menyimpulkan hasil pembelajaran · Mengumumkan kelompok terbaik saat melakukan diskusi dan presentasi sesuai dengan rubrik penilaian. · Menugaskan siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi · Memberikan pertanyaan berupa soal kognitif. · Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. · Memberikan salam. | 15’ |
Total | 90’ |
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Alat / Bahan : Laptop, LCD, materi (power point), video tentang alat peredaran darah (jantung), model organ jantung, speaker aktif, LKS tentang alat peredaran darah (jantung).
2. Referensi : Buku Biologi Bilingual SMA Kelas XI, Theory and Application of Biology for Grade XI SMA & Campbell. 2003. BIOLOGI Edisi Kelima – Jilid 2.
VI. Penilaian
1. Penilaian afektif berupa penilaian selama berlangsungnya proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen berupa rubrik (terlampir).
2. Penilaian kognitif berupa tes individu dan post test.
3. Alat Penilaian (terlampir)
VII. Tugas terstruktur
1. Buatlah gambar skematis strukur internal jantung yang disertai dengan keterangan secukupnya pada buku tugas!
|
|
SOAL UTAMA
No. Indikator | No. Soal | Soal | THP | Jawaban |
1 | 1 | Perhatikan gambar struktur internal jantung berikut ini untuk menjawab soal no 1 – 2! Berdasarkan gambar diatas, ventrikel sinister ditunjukan oleh nomor ..... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 | C2 | E |
1 | 2 | Keterangan yang tepat menggambarkan keterangan nomor 1 – 5 secara berturut-turut adalah ..... a. Atrium sinister – ventrikel sinister – aorta – atrium dexter – ventrikel dexter b. Atrium dexter – ventrikel dexter – vena – atrium sinister – ventrikel sinister c. Atrium dexter – ventrikel dexter – aorta – atrium sinister – ventrikel sinister d. Atrium sinister – ventrikel dexter – aorta – atrium dexter – ventrikel dexter e. Atrium dexter – ventrikel sinister – aorta – atrium sinister – ventrikel dexter | C2 | C |
1 | 3 | Valvula yang terletak diantara atrium dexter dan ventricle dexter disebut .... a. Valvula tricuspidalis b. Valvula bicuspidalis c. Valvula semilunaris d. Valvula pulmonalis e. Valvula aortik | C2 | A |
2 | 4 | The chamber in heart organs has have thickness wall is ..... a. Atrium dexter b. Atrium sinister c. Ventricle dexter d. Ventricle sinister e. Aorta | C2 | D |
2 | 5 | Dinding ventrikel sinister lebih tebal dibandingkan dengan ventrikel dexter, hal ini disebabkan karena .... a. Ventrikel sinister berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh b. Ventrikel dexter berfungsi memompa darah keseluruh tubuh c. Ventrikel sinister berfungsi memompa darah ke paru-paru d. Ventrikel dexter berfungsi memompa darah ke paru-paru e. Ventrikel sinister berfungsi menerima darah dari ventrikel dexter | C3 | A |
3 | 6 | Dalam satu siklus jantung, jantung akan mengalami fase sistole dan diastole. Yang dimaksud dengan fase sistole adalah .... a. Periode jantung mengalami relaksasi b. Periode jantung mengalami kontraksi c. Periode jantung mengalami relaksasi dan kontraksi d. Periode jantung memompa darah keseluruh tubuh e. Periode jantung memompa darah ke paru-paru. | C2 | B |
3 | 7 | Bu ayu pergi ke dokter untuk memeriksa tekanan darah. Setelah di cek oleh dokter, dokter mengatakan tekanan darah Bu Ayu adalah 120/80mmHg. Tekanan darah 120/80mmHg artinya .... a. 120 mmHg menunjukkan tekanan sistole, sedangkan 80 mmHg menunjukkan tekanan diastole b. 120 mmHg menunjukkan tekanan diastole, sedangkan 80 mmHg menunjukkan tekanan sistole c. Jumlah darah yang keluar dari jantung adalah sebanyak 120 mmHg, dan jumlah darah yang masuk ke jantung adalah 80 mmHg d. Jumlah darah yang masuk ke jantung adalah sebanyak 120 mmHg, dan jumlah darah yang keluar dari jantung adalah 80 mmHg e. 120 mmHg menunjukkan tekanan arteri, sedangkan 80 mmHg menunjukkan tekanan vena | C3 | A |
4 | 8 | Jantung diinervasi oleh saraf. Serabut saraf yang disebut sebagai face maker adalah ..... a. Atrioventrikular node (AV node) b. Berkas His c. Stenoatrial node (SA node) d. Berkas Purkinye e. Saraf parasimpatik | C2 | C |
4 | 9 | Berikut ini perjalanan impuls yang tepat untuk mengahasilkan satu siklus jantung adalah .... a. SA node – AV node – berkas His – serabut Purkinje b. SA node – AV node – serabut Purkinje – berkas His c. AV node – SA noden – berkas His – serabut Purkinje d. AV node – SA node – serabut Purkinje – berkas His e. Serabut Purkinje – berkas His – AV node – SA node | C2 | A |
5 | 10 | Berikut yang tepat fungsi jantung pada manusia adalah .. a. Mengedarkan sari-sari makanan b. Melawan bibit penyakit c. Mengedarkan oksigen dan karbondioksida d. Memompa darah keseluruh bagian tubuh e. Mengatur suhu tubuh | C2 | D |
Penskoran: Total Skor = 10
Nilai = (skor yang diperoleh:skor maksimal) x 100
Tindak lanjut:
ü Tuntas : = KKM (= 81, 89)
ü Remidi : < KKM (< 81, 89)
ü Pengayaan : > KKM (> 81, 89)
SOAL REMEDIAL
No. Indikator | No. Soal | Soal | THP | Jawaban |
1 | 1 | Perhatikan gambar struktur internal jantung berikut ini! Berdasarkan gambar diatas, atrium dexter ditunjukan oleh nomor ..... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 | C2 | A |
2 | 2 | Dinding ventrikel lebih tebal dibandingkan dengan dinding atrium. Hal ini disebabkan karena .... a. Ventrikel berfungsi memompa darah b. Ventrikel berfungsi menerima darah c. Atrium berfungsi memompa darah d. Atrium berfungsi menerima darah e. Atrium dab ventrikel berfungsi menerima darah | C3 | A |
3 | 3 | Dalam satu siklus jantung, jantung akan mengalami fase sistole dan diastole. Yang dimaksud dengan fase diastole adalah .... a. Periode jantung mengalami relaksasi b. Periode jantung mengalami kontraksi c. Periode jantung mengalami relaksasi dan kontraksi d. Periode jantung memompa darah keseluruh tubuh e. Periode jantung memompa darah ke paru-paru. | C2 | A |
4 | 4 | Serabut saraf yang terletak di septum interventricularis disebut ..... a. Atrioventrikular node (AV node) b. Berkas His c. Stenoatrial node (SA node) d. Berkas Purkinye e. Saraf parasimpatik | C2 | B |
5 | 5 | Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini disebabkan karena .... a. Jantung memiliki bentuk seperti kerucut b. Jantung memiliki 4 ruang c. Jantung memiliki kemampuan kontraksi dan relaksasi d. Jantung memiliki 2 jenis katup yang berbeda e. Jantung terletak diantara paru-paru | C2 | C |
Penskoran: Total Skor = 5
Nilai = (skor yang diperoleh:skor maksimal) x 100
Tindak lanjut:
ü Tuntas : = KKM (= 81, 89)
ü Remidi : < KKM (< 81, 89)
ü Pengayaan : > KKM (> 81, 89)
SOAL PENGAYAAN
- Perhatikan gambar organ jantung berikut ini!
Sebutkan keterangan diatas dan berikan penjelasan sekucupnya! (skor 5)
- Jelaskan mengenai siklus jantung! (skor 5)
JAWABAN PENGAYAAN
- Penjelasan gambar organ jantung:
No | Nama | penjelasan |
1 | Atrium dexter | Berfungsi menerima darah dari vena cava |
2 | Ventrikel dexter | Berfungsi memompa darah ke arteri pulmonalis |
3 | Aorta | Berfungsi menyalurkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh |
4 | Atrium sinister | Berfungsi menerima darah dari vena pulmonalis |
5 | Ventrikel sinister | Berfungsi memompakan darah kaya oksigen ke aorta |
- Siklus jantung adalah periode dari akhir kontraksi jantung sampai akhir kontraksi berikutnya. Setiap siklus dimulai dari timbulnya perangsangan secara spontan di SA node. Siklus jantung terdiri atas satu periode relaksasi yang disebut diastole yang diikuti oleh satu periode kontraksi yang disebut sistole. Lamanya siklus jantung kurang lebih 0,8 detik. Siklus jantung mulai dari kontraksi kedua atrium lalu dilanjutkan relaksasi kedua atrium. Kemudian istirahat sebentar sekali, dan selanjutnya diikuti oleh kontraksi kedua ventrikel, kemudian diikuti relaksasi kedua ventrikel. Perlu dijelaskan bahwa kedua atrium masih dalam keadaan relaksasi akhir pada saat ventrikel mulai relaksasi, kemudian baru mulai lagi siklus baru.
PENILAIAN AFEKTIF SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA I
KELAS XI IA - 6
Kelompok 1 :
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 | ||||||||||||||
5 |
Kelompok 2 :
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 | ||||||||||||||
5 |
Kelompok 3 :
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 | ||||||||||||||
5 |
Kelompok 4 :
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 | ||||||||||||||
5 |
Kelompok 5 :
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 |
Kelompok 6:
No | Nama | A | B | C | Skor | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | ||||||||||||||
2 | ||||||||||||||
3 | ||||||||||||||
4 |
Rubrik penilaian Kerja Sama dengan kelompok ( A ) :
Skor | Kriteria |
4 | Siswa dapat memberi dan menerima penjelasan dari anggota kelompoknya |
3 | Siswa dapat memberikan penjelasan pada anggota kelompoknya tapi tidak bisa menerima penjelasan anggota kelompoknya |
2 | Siswa kurang memberi dan menerima penjelasan dari anggota kelompoknya |
1 | Siswa tidak mampu memberi dan menerima penjelasan dari anggota kelompoknya |
Rubrik penilaian ketekunan ( B ):
Skor | Kriteria |
4 | Siswa bersungguh-sungguh saat diskusi |
3 | Siswa mengobrol selama diskusi |
2 | Siswa bermain selama diskusi |
1 | Siswa bermain dan mengobrol selama diskusi |
Rubrik penilaian keaktifan ( C ) :
Skor | Kriteria |
4 | Siswa aktif menjawab dan bertanya selama diskusi |
3 | Siswa hanya aktif dalam bertanya saja atau hanya aktif dalam menjawab saja |
2 | Siswa hanya sesekali menjawab atau bertanya |
1 | Siswa tidak mencoba mencoba menjawab maupun bertanya |
Penilaian:
Skor maksimal = 12
Skor perolehan
Nilai perolehan = X 100
Skor maksimal
PENILAIAN KEAKTIFAN KELOMPOK DISKUSI KELAS XI IA 6
No | Kelompok | Diskusi | Presentasi | Keterangan | ||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Kelompok I | |||||||||
2 | Kelompok II | |||||||||
3 | Kelompok III | |||||||||
4 | Kelompok IV | |||||||||
5 | Kelompok V | |||||||||
6 | Kelompok VI |
Penjelasan rubrik
Diskusi
Skor | Penjelasan |
4 | Seluruh anggota kelompok sangat aktif melakukan kegiatan diskusi dan mencari penjelasan di buku sumber |
3 | Seluruh anggota kelompok aktif melakukan kegiatan diskusi dan mencari penjelasan di buku sumber |
2 | Seluruh anggota kelompok kurang aktif melakukan kegiatan diskusi dan mencari penjelasan di buku sumber |
1 | Seluruh anggota kelompok tidak aktif melakukan kegiatan diskusi dan mencari penjelasan di buku sumber |
Presentasi
Skor | Penjelasan |
4 | Kelompok mampu menyajikan hasil diskusi dengan sangat baik |
3 | Kelompok mampu menyajikan hasil diskusi dengan baik |
2 | Kelompok mampu menyajikan hasil diskusi dengan kurang baik |
1 | Kelompok mampu menyajikan hasil diskusi dengan tidak baik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar